Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi BAN-PT No. 1676/SK/BAN-PT/Ak-PNB/PT/X/2022 dengan nilai B
Tentang Universitas BTH Tasikmalaya
Universitas Bakti Tunas Husada sebelumnya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Tunas Husada Tasikmalaya yang berdiri berdasarkan SK Mendiknas No. 60/D/O/2004 tanggal 27 April 2004, merupakan pengembangan status dari Akademi Keperawatan Bakti Tunas Husada (AKPER BTH) yang berdiri berdasarkan SK Menkes RI No. HK.00.06.1.1.3518 tanggal 24 Mei 1993 dan Akademi Analis Kesehatan Bakti Tunas Husada (AAK BTH) yang berdiri berdasarkan SK Menkes RI No. HK.00.01.1.1.533A tanggal 26 Februari 1996 dengan Program Studi tambahan yaitu S1 Farmasi pada tahun 27 April 2004, Prodi Refraksi Optisi pada tanggal 30 Maret 2015 dan Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker pada 5 Juli 2019. Pengesahan Menkumham STIKes BTH : No. AHU-AHA 10.08-681 tanggal 22 November 2010. | Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Tunas Husada Tasikmalaya. Setelah itu STIKes Bakti Tunas Husada bertranformasi menjadi Universitas dan sejak tanggal 16 Januari2021 berhasil mendapatkan rekomendasi dari LLDIKTI Wilayah IV. Berbekal rekomendasi tersebut maka semua dokumen usulan perubahan PTS tersebut diubah lengkap ke SILEMKERMA pada tanggal 20 Januari 2021. Setelah melalui evaluasi dan bimtek, alhamdulillah pada tanggal 25 Oktober 2021 telah dilakukan evaluasi lapangan hasil semua evaluator merekomendasikannya tanpa revisi. Alhamdulillah, pada tanggal 15 Desember 2021, SK Mendikbudristek tentang Perubahan STIKes menjadi Universitas BTH telah terbit dengan nomor 537/E/O/2021.
Universitas BTH memiliki fasilitas diantaranya rektorat, ruang perkantoran, ruang belajar/kelas, laboratorium, perpustakaan, aula serba guna, BTH resto dan sarana penunjang. Sesuai dengan visi Universitas BTH menjadi perguruan tinggi yang mampu menghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang kesehatan, teknologi dan bisnis proses pembelajarannya didukung menggunakan multimedia dengan teknologi terkini dan fasilitas internet gratis, WiFi/Hot Spot 24 jam, laboratorium dengan setting praktek seperti dunia kerja, perpustakaan dilengkapi dengan e- books dan jurnal ilmiah baik dalam maupun luar negeri, kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa di bidang kesenian, olahraga dan enterpreunership.
Penyelenggaraan dan pengelolaan Universitas BTH meliputi otonomi perguruan tinggi, pola pengelolaan perguruan tinggi, tata kelola perguruan tinggi dan akuntabilitas publik yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 4 tahun 2014. Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi nomor 49 tahun 2014, untuk menjamin agar proses pembelajaran pada program studi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, universitas BTH sudah mempunyai standar-standar yang meliputi standar kompetensi lulusan, standar isi pembelajaran, standar proses pembelajaran, standar penilaian pembelajaran, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana pembelajaran, standar pengelolaan pembelajaran, standar biaya pembelajaran, standar penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam upaya peningkatan mutu perguruan tinggi , Universitas BTH sudah memiliki Badan Penjaminan Mutu Internal dengan tujuan untuk menumbuhkan budaya mutu mulai dari penetapan standar, melaksanakan standar, mengevaluasi pelaksanaan standar secara berkelanjutan baik bidang akademik maupun non-akademik sesuai dengan Peraruran Menteri Pendidikan Nasional Nomor 63 Tahun 2009 sehingga mutu Universitas BTH dapat diandalkan.
Unversitas BTH yang sebelumnya adalah STIKes BTH Tasikmalaya melalui Lembaga Sertifikasi Profesi STIKes BTH (LSP STIKes BTH First Party) adalah lembaga pendidikan tinggi yang pertama yang telah memiliki lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk melaksanakan uji kompetensi bagi setiap mahasiswanya sehingga lulusan yang dihasilkan telah memiliki kompetensi yang terpercaya dan bersertifikat BNSP. Pelaksanaan uji kompetensi tersebut teruji berdasarkan standar yang ditetapkan oleh BNSP dan sebagian besar dari Dosen yang dimiliki telah menjadi assessor BNSP. Uji kompetensi dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang bertempat di TUK Universitas, dengan demikian setiap proses pembelajaran yang diselenggarakan adalah proses pembelajaran bermutu dan terjaga kualitas kompetensinya.
Fasilitas terbaru adalah adanya ruang Objective Structured Clinical Examination (OSCE) ruang ini khusus untuk Ruang Uji Kompetensi Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, kemudian di Universitas BTH Tasikmalaya juga mempunyai gedung CBT. Ruang uji Computer Based Test (CBT) adalah salah satu prasarana unggulan yag ada di STIKes BTH ini, ruang ini adalah ruangan yang dilengkapi dengan perangkat komputer yang tersambung kepada server yang akan digunakan untuk uji kompetensi seluruh profesi tenaga kesehatan. Sejak berdirinya, CBT Universitas BTH Tasikmalaya langsung diakreditasi dan terpilih sebagai penyelenggara Uji Kompetensi beberapa profesi secara nasional.
Visi
Dengan mengacu pada Global Trend and Challenge di bidang pendidikan tinggi dalam 20 tahun ke depan, maka ada 4 (empat) isu strategis yaitu: 1) globalisasi
(globalization), 2) keterkaitan universitas dan industri yang semakin kuat (universityindustry linkage), 3) pembangunan ekonomi (economic development), dan
pembangunan berkelanjutan (sustainable development), maka karakteristik perguruan tinggi di 20 tahun mendatang diproyeksikan akan memiliki karakteristik:
a. Berorientasi, beroperasi, dan berdaya saing global
b. Memiliki kolaborasi yang kuat dengan industri, pemerintah, masyarakat, dan pers (media)
c. Menjadi agen dalam pemberdayaan, peningkatan, dan pertumbuhan ekonomi
d. Memiliki perhatian dan kontribusi terhadap isu-isu sosial dan lingkungan hidup
Dengan titik tolak tersebut, maka Universitas BTH telah sepakat merumuskan visi jangka panjangnya sebagai berikut:
Menjadi Universitas yang Unggul dan Inovatif dalam Kesehatan, Teknologi, Bisnis serta Berdaya Saing Global
Misi
Untuk mencapai visi tersebut, rumusan misi Universitas BTH adalah sebagai berikut:
- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan tinggi akademik, profesi, dan vokasi di bidang kesehatan, teknologi dan bisnis dengan menerapkan budaya mutu berlandaskan etika akademik, spirit entrepreneurship, berwawasan masa depan, dan berdaya saing global.
- Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian unggulan dan penelitian terapan di bidang kesehatan, teknologi, dan bisnis serta mendorong pengembangan inovasi berkelanjutan berdasarkan pendekatan pentahelix.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis hasil penelitian, berbasis pemanfaatan teknologi informasi komunikasi serta berfokus pada pengembangan ekosistem kewirausahaan sivitas akademika dan masyarakat.
- Mengembangkan kerjasama kemitraan dengan berbagai pemangku kepentingan di dalam maupun di luar negeri dalam upaya akselerasi menuju perguruan tinggi bereputasi nasional dan global
Tujuan
Adapun tujuan penyelenggaraan Universitas BTH adalah: Menjadikan Universitas BTH sebagai perguruan tinggi yang terkemuka dengan reputasi nasional-internasional dengan:
- Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia, berkarakter entrepreneur, kreatif, inovatif dan berdaya saing.
- Menghasilkan karya-karya penelitian yang dapat diimplementasikan untukpengembangan IPTEKS.
- Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berwawasan IPTEKS dan bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.
- Mewujudkan kerjasama yang strategis, sinergis dan berkelanjutan dengan para mitra perguruan tinggi.